Senin, 19 Mei 2014

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. Gatal di telinga membuat kita ingin sekali membersihkannya, baik ada kotoran di telinga entah tidak. Namun jika terlalu sering membersihkan telinga juga tidak baik untuk kesehatan anda. Berikut ini ada beberapa Cara Membersihkan Telinga Yang Teramat Sangat Ampuh.
Menggunakan cairan pembersih babby oil dengan kapas untuk bagian daun telinga.

 Hindari juga membersihkan telinga sampai ke liang telinga, apalagi jika membersihkan dengan cotton bud. Cukup bersihkan hingga sebatas daun telinga saja. Jika membersihkan terlalu dalam hingga ke liang telinga, kotoran justru akan terdorong semakin dalam, kemudian menumpuk.

 Bila telinga terasa gatal, beri cairan khusus pembersih telinga di apotek. Cairan tersebut akan mengeras dan akan keluar dengan sendirinya.

 Apabila sulit mencari cairan khusus pembersih telinga, Anda bisa menggunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air hangat, peras, lalu untir membentuk kerucut dan bersihkan bagian telinga yang terasa gatal.

 Jika terdapat kotoran yang telah membatu di telinga bagian dalam, bersihkan dengan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail. Jangan gunakan alat yang terbuat dari logam. Jika permasalahan telinga Anda belum kunjung teratasi, ada baiknya konsultasikan ke dokter yang berpengalaman.

 Hindari membersihkan telinga terlalu sering. Sebab, jika telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, yang terletak di sepertiga bagian luar telinga yang berbulu, malah akan mengeluarkan minyak berlebihan.

 Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar.

 Sekian Cara Membersihkan Telinga, semoga telinga anda tetap sehat dan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar